Batalyon Kavaleri 11/MSC Membantu Masyarakat Membuat Akte Gratis Di Aceh Utara -->

Iklan Semua Halaman

Batalyon Kavaleri 11/MSC Membantu Masyarakat Membuat Akte Gratis Di Aceh Utara

Redaksi
Jumat, 18 Oktober 2024

 



ACEH UTARA - Batalyon kavaleri 11/Macan Setia Cakti, bekerja sama dengan Disdukcapil Aceh Utara, memberi fasilitas pembuatan Akte kelahiran secara gratis, untuk masyarakat kabupaten setempat, dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-75 korp kavaleri, pada Jum’at 18 Oktober 2024.


Dalam hal ini pihak Batalyon mendirikan pokso di dalam satuan, dimana nantinya masyarakat hanya menyerahkan persyaratan, yang kemudian pihak TNI dari satuan Kavaleri, yang akan mengurus ke Disdukcapil setempat, guna mempermudah masyarakat untuk membuat Akte kelahiran.


Komandan Kavaleri 11/MSC Letkol Kavaleri Widhi Bayu Sudibyo, mengatakan, program ini bertujuan untuk membantu masyarakat di sekitar satuan Kavaleri seluruh Indonesia, yang belum memiliki Akte kelahiran.


Karena menurut Danyon, Akte merupakan dokumen penting, untuk masa depan anak di saat akan masuk sekolah dan pengurusan administrasi lainnya.


Tak hanya itu, pihak Kavaleri juga memperbolehkan kepada orang tua yang belum memiliki Akte untuk mendaftar. Lantaran Akte menjadi syarat utama dalam pembuatan paspor di saat ingin ke luar negeri, atau pergi umroh maupun haji.


Danyon juga menyebutkan, sejak september hingga pertengahan Oktober 2024, pihaknya sudah mengumpulkan 58 akte kelahiran, dan sudah diserahkan kepemliknya.


Sementara di sekitar satuan, yakni dikawasan Desa Keubon Baro, Kecamatan Simpang Keuramat, baru sembilan Akte yang sudah selesai dan sudah di berikan kepada masyarakat.


Sementara itu Safrizal, Kadis Dukcapil Aceh Utara, menyampaikan apresiasi kepada pihak Batalyon Kavaleri, yang telah membatu mempermudah masyarakat dalam pembuatan akte kelahiran.


Karena menurut Safrizal, program ini juga mempermudah pihak Disdukcapil dalam mencapai target, pembuatan akte di wilayah Kabupaten Aceh Utara.[sa]