Koarmada III Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W. 1446 H/2024 M di Kesatrian Koarmada III -->

Iklan Semua Halaman

Koarmada III Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W. 1446 H/2024 M di Kesatrian Koarmada III

Redaksi
Selasa, 17 September 2024

 


Diawali dengan lantunan sholawat Banjari Modern dari Prajurit Koarmada III, acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam

pada 1446 Hijriyah/2024 Masehi yang mengangkat tema "Meneladani Akhlak Nabi Muhammad  Shalallahu Alaihi Wassalaam dalam Mewujudkan Personel TNI yang Religius" dilaksanakan di Masjid Baiturrahman Koarmada III Jl. yos Sudarso, Katapop, Distrik Salawati Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat Daya pada Selasa pagi. (17/9/24)


Acara peringatan tersebut dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran, makhallul qiyam, dan Sambutan oleh Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, S.T., M.Si. mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si.


Dalam sambutan Pangkoarmada III yang dibacakan Kas Koarmada III mengatakan "Peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam yang dilaksanakan pada hari ini, adalah bentuk implementasi cara menjaga iman umat muslim agar terus istiqomah, khususnya bagi kita keluarga besar Koarmada Ill."


"Penting sekali bagi kita untuk dapat mengambil pelajaran dari kelahiran manusia yang paling mulia yaitu Nabi Besar Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam menyelami samudera kearifan, meraih butir-butir ketauladanan dari sosok Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam. 

Allah Subhanahu Wata'ala telah mengutus Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam sebagai uswatun hasanah, role model atau suri teladan dengan akhlakul karimah, akhlak mulia yang wajib kita ikuti." Pinta Pangkoarmada III.


"Salah satu akhlak terbaik beliau adalah peduli pada lingkungan sekitar, beliau bersabda siapa yang melepaskan kesusahan saudaranya maka allah akan melepaskan kesusahannya nanti pada hari kiamat" kata Pangkoarmada III 


Sebagai umat Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalaam

sudah sepatutnya kita "meneladani ahklak Nabi, kita harus belajar untuk bersikap rendah hati, penyayang, pemaaf, jujur, amanah dan adil. kita harus mampu mengendalikan diri ketika dihadapkan pada tantangan dan cobaan. sebab tanpa ahklak yang baik, manusia mudah sekali berubah menjadi mahkluk yang kejam dan kehilangan kesadaran kemanusiaannya." Pungkasnya.


Acara peringatan dilanjutkan dengan tausiyah Hikmah Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam dari Ustadz Abdul Aziz Achirus Subechi, S.H., M.H. yang menyampaikan Sejarah Kelahiran nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam peristiwa sebelum kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam sifat-sifat Rosul yang merupakan suri tauladan bagi umat Islam, hikmah bersholawat dan suri tauladan dalam berperang atau berjihad karena dikatakan, Rosulullah Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam adalah merupakan Panglima Perang yang Kuat.


Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan do'a bersama.


Turut Hadir dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam Kapoksahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Ridwan Prawira, S.T., M.Han., Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Dhani Singgih Sugiarto, Para pejabat utama Koarmada III, para Kasatker dan Komandan Satuan Koarmada III, para pengurus Daerah Jalasenastri Armada III, para perwira Staf lainya dan seluruh prajurit dan PNS Koarmada III.[red]