Khidmat dan Meriah Peringatan HUT ke-79 TNI AL Di Tanah Papua -->

Iklan Semua Halaman

Khidmat dan Meriah Peringatan HUT ke-79 TNI AL Di Tanah Papua

Redaksi
Rabu, 11 September 2024

 


“Sejarah berdirinya TNI AL momentum ketika Pemerintah membentuk Badan Keamanan Rakyat atau BKR  pada tanggal 22 agustus 1945. Para Bahariawan secara bertahap dapat mengkonsolidasikan diri, mereka berasal dari berbagai latar belakang seperti guru dan siswa sekolah Pelayaran Tinggi dan Sekolah Pelayaran Rendah zaman jepang, anggota Jawa Unko Kaisya, Kaigun Heiho, mantan pelaut masa India Belanda dari Koninklijk Paketvaart Marine (KMP) dan Gouvernement Marine (GM) . Pada rapat yang diadakan di gedung Kesatrian Sekolah Pelayaran Tinggi Jakarta di Jalan Budi Utomo pada tanggal 10 september 1945, mereka secara bulat menyepakati pembentukan Badan Keamanan Rakyat bagian Laut atau BKR Laut di tingkat pusat maupun daerah.”


Pada peringatan HUT ke-79 TNI AL Komando Armada (Koarmada) III menggelar di Lapangan Mako Koarmada III Jl. Yos Sudarso Katapop, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, yang diikuti oleh Prajurit TNI AL di Wilayah Sorong Papua Barat Daya, dengan Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, S.T., M.Si. mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si. secara Khidmat dan Meriah, pada Selasa pagi (10/09/24)


Komandan Satuan Kapal Ranjau (Dansatran) Koarmada III selaku Ketua Panitia Peringatan HUT ke 79 TNI AL  di Koarmada III mengatakan “pelaksanaan upacara di Koarmada III melibatkan 689 Personel gabungan TNI Angkatan Laut yang terdiri dari Prajurit Koarmada III, Prajurit Lantamal XIV dan Prajurit Pasmar 3 dan menggelar beberapa alutsista diantaranya adalah 2 KRI LST , 1 KRI  PC,  2 unit Truck penarik meriam, 1 unit Rocket, 2 Unit Swamboad, 5 Unit BTR 50, 5 Unit PT 76, 1 Unit Patriot, 2 Unit Howitser serta ditampilkan demonstrasi karate dari Siswa Satdik 3 Sorong serta ditutup dengan pemotongan tumpeng diatas kendaraan Tank BTR 50 dan Tour Facility Koarmada III menggunakan Ranpur Marinir dan Kopaska Koarmada III.” Ungkapnya


Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam amanat yang dibacakan oleh Kas Koarmada III mengucapkan “Dirgahayu ke-79 TNI Angkatan Laut” bagi seluruh Prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut dimanapun bertugas dan berada apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya saya berikan kepada seluruh Prajurit TNI Angkatan Laut atas profesionalitas, dedikasi, dan militansinya dalam setiap pelaksanaan tugas.” Ungkap Panglima TNI


Panglima TNI juga mengatakan “Rakyat dan bangsa Indonesia bangga memiliki Angkatan Laut yang profesional dan modern sebagai penjaga kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta pelindung bangsa Indonesia dari segala ancaman dan gangguan khususnya di wilayah laut Indonesia.” 


“Upacara hari jadi ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024 ini menjadi sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya digelar di atas KRI produksi dalam negeri sehingga saya menilai tema hari jadi tahun ini adalah tepat, yakni ”Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju”. 


Diakhir sambutan dikatakan ” sesuai dengan Undang-Undang TNI nomor 34 tahun 2004” bahwa TNI tidak berpolitik praktis, serta netralitas TNI juga merupakan wujud nyata. Bahwa TNI secara tegas  tidak ingin dan tidak boleh kembali ke panggung politik praktis dan lebih mengutamakan sinergitas dengan Polri dan komponen bangsa lainnya dalam menghadapi Pilkada 2024” Pintanya .


Kegiatan diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala staf Koarmada III didampingi Pj.Sekda Provinsi Papua Barat Daya yang diserahkan kepada prajurit termuda Koarmada III, pengumuman pemenang yel-yel, periksa kerapian dan defile pasukan peserta Upacara HUT ke-79 TNI AL di Koarmada III, dan ramah Tamah sambil menyaksikan live streaming pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke-79 TNI AL secara terpusat diatas KRI Rumah Sakit dr. Radjiman Widyodiningrat-992 yang berlayar di teluk Jakarta di lobby Mako Koarmada III. 


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Sekda Provinsi PBD Bapak Jhoni Way,S.Hut.,M.Si, Kasrem 181/PVT Kolonel Inf. Dr.Raden Dwi Tjahjo Harsono, S.E., M.Si.,para Pejabat TNI Polri wilayah Sorong, Forkopimda Provinsi Papua Barat Daya, Pejabat unsur Maritim dan perbankan Wilayah Sorong, para tokoh masyarakat dan adat wilayah sorong serta para undangan lainya.[red]